PENGEMBANGAN MEDIA “PROKSINA” BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MUPEL IPS KELAS V SDN 2 SARIREJO KABUPATEN KENDAL


Jamiatul Arini, 1401418159 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA “PROKSINA” BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MUPEL IPS KELAS V SDN 2 SARIREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418159 - JAMIATUL ARINI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai keterbatasan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis IT serta penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif mengakibatkan hasil belajar siswa relatif rendah pada mupel IPS kelas V SDN 2 Sarirejo. Oleh karena itu perlunya pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan dan efektifitas media PROKSINA berbasis Articulate Storyline dengan model pembelajaran TGT pada mupel IPS kelas V SDN 2 Sarirejo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono yang mengadaptasi dari teori Borg dan Gall yang disesuaikan kondisi dan situasi saat ini menggunakan 8 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 2 Sarirejo berjumlah 35 siswa untuk uji skala besar dan sejumlah 12 siswa untuk uji skala kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan media PROKSINA berbasis Articulate Storyline terdiri dari beberapa bagian, diantaranya: halaman opening; menu petunjuk; menu informasi; halaman kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran; halaman profil pengembang; halaman daftar referensi; halaman menu utama; halaman menu materi; latihan soal yang beragam, dan skor akhir. Media PROKSINA memperoleh kategori sangat layak digunakan dengan persentase penilaian ahli materi sebesar 96,6%, ahli media sebesar 97,2% , dan ahli bahasa sebesar 93,7%. Selain itu media tersebut juga efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil perhitungan uji t memperoleh sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan perbedaan signifikan antara data pretest dan posttest. Sedangkan peningkatan rata-rata (N-gain) 0,49 berada pada kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media PROKSINA berbasis Articulate Storyline dengan model pembelajaran TGT sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada muatan pelajaran IPS kelas V SDN 2 Sarirejo. Saran terhadap penelitian selanjutnya dan bagi guru untuk dapat dijadikan referensi media pembelajaran yang menarik, inovatif, menyenangkan serta dikembangkan juga pada materi maupun muatan pelajaran lain dengan memperbaiki tampilan desain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PROKSINA; Articulate Storyline; TGT; Hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:11
Last Modified: 29 Mar 2023 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56760

Actions (login required)

View Item View Item