Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Alat Ukur Listrik Kelas X Listrik SMK Islam Sudirman Ungaran Melalui Modul Dengan Teori Cooperative Learning Tipe Jigsaw Tahun Pengajaran 2008/ 2009


Qirom , 2008 (2008) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Alat Ukur Listrik Kelas X Listrik SMK Islam Sudirman Ungaran Melalui Modul Dengan Teori Cooperative Learning Tipe Jigsaw Tahun Pengajaran 2008/ 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Alat Ukur Listrik Kelas X Listrik SMK Islam Sudirman Ungaran Melalui Modul Dengan Teori Cooperative Learning Tipe Jigsaw Tahun Pengajaran 2008/ 2009]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Alat Ukur Listrik Kelas X Listrik SMK Islam Sudirman Ungaran Melalui Modul Dengan Teori Cooperative Learning Tipe Jigsaw Tahun Pengajaran 2008/ 2009) - Published Version
Download (20kB) | Preview

Abstract

Qirom. 2008. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Alat Ukur Listrik Kelas X Listrik SMK Islam Sudirman Ungaran Melalui Modul Dengan Teori Cooperative Learning Tipe Jigsaw Tahun Pengajaran 2008/ 2009. Skripsi, Jurusan Teknik Elekto, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Modul Temuan di lapangan dari hasil wawancara guru yang mengajar siswa SMK, khususnya SMK Islam Sudirman Ungaran, pengajaran alat ukur listrik masih menggunakan metode konvensional yakni ceramah. Alasan yang diungkapkan mengapa masih menggunakan metode ini karena guru mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Dengan demikian pengajaran akan sulit untuk mengembangkan keterampilan berpikir. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas X Listrik adalah 66 yang belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Untuk itu, peneliti mencoba menggabungkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan modul sebagai salah satu alternatif untuk memudahkan dalam menyelesaikan materi serta menjadikan panduan dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: apakah pembelajaran dengan modul dengan teori kooperatif tipe Jigsaw efektif, tepat dan dapat meningkatkan hasil belajar praktik alat ukur listrik kelas X Listrik SMK Islam Sudirman Ungaran? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar praktik alat ukur listrik kelas X listrik SMK Islam Sudirman Ungaran setelah proses kegiatan belajar mengajar melalui modul dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa SMK Islam Sudirman Ungaran Kelas X Program Keahlian Listrik Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 25 siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pembelajaran melalui modul dengan teori kooperatif learning tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara tes tertulis untuk mendapatkan data hasil belajar kognitif. Teknik observasi digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar psikomotorik dan afektif siswa. Teknik dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh nama-nama peserta didik yang termasuk sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari 69,12 pada siklus I menjadi 74,72 pada siklus II dan ketuntasan secara klasikal mengalami peningkatan dari 56,00% pada siklus I menjadi 88,00% pada siklus II. Hasil belajar afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,60 dengan ketuntasan secara klasikal 72,00%, meningkat menjadi 82,40 dengan ketuntasan secara klasikal 92,00% pada siklus II. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,04 dengan ketuntasan secara klasikal 64,00%, meningkat menjadi 81,12 dengan ketuntasan secara klasikal 84,00% pada siklus II. Pembelajaran melalui modul dengan teori kooperatif learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar praktik alat ukur listrik kelas X Listrik SMK Islam Sudirman Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2011 00:25
Last Modified: 19 Oct 2011 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5676

Actions (login required)

View Item View Item