PENGEMBANGAN MEDIA “EPANDO” BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN SEJOMULYO 01 KABUPATEN PATI


Amaliyatur Rohmah, 1401418158 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA “EPANDO” BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN SEJOMULYO 01 KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418158 - Amaliyatur Rohmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Sejomulyo 01 Kabupaten Pati melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan kurangnya media pembelajaran interaktif berbasis IT khususnya untuk muatan pembelajaran IPS kelas IV di SDN Sejomulyo 01 Kabupaten Pati berdampak terhadap ketuntasan hasil belajar IPS siswa yang rendah dibanding dengan muatan pembelajaran lain. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana desain, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran media EPANDO berbasis adobe animate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media EPANDO berbasis adobe animate. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang dibatasi hanya sampai langkah ke-8 sesuai kondisi dan kebutuhan penelitian yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sejomulyo 01 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas dan analisis data akhir dengan t-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan EPANDO berbasis adobe animate terdiri dari beberapa menu, yaitu halaman opening, halaman petunjuk, halaman menu utama, halaman kompetensi, halaman video materi, halaman peta materi, halaman informasi, halaman kuis. Media EPANDO berbasis adobe animate ini mendapatkan kategori sangat layak dari presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 98,3%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 98,3%, dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 91,6%. Keefektifan media EPANDO berbasis adobe animate ditunjukkan pada hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest dengan peningkatan rata-rata (N-gain) hasil pretest dan posttest sebesar 0,496 yang termasuk dalam katerogri sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran media EPANDO berbasis adobe animate layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi keragaman pakaian adat di Indonesia. Saran penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada materi lain dengan memperbaiki desain dan komponen agar lebih lengkap serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, EPANDO, Adobe Animate, IPS, Hasil Belajar, AIR
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:02
Last Modified: 29 Mar 2023 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56759

Actions (login required)

View Item View Item