PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Yudit Risaldi, 1401418151 (2022) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418151 - Yudit Risaldi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang berupa angka atau nilai. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku dan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melakukan pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa diantaranya adalah kemampuan awal dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal sebanyak 175 siswa dengan sampel sebanyak 122 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Data penelitian ini sudah memenuhi uji prasyarat analisis, yang berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinan (R2 ), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten (2) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Saran bagi guru, yaitu hendaknya mengetahui bagaimana kemampuan awal siswa sehingga dapat menentukan strategi dan gaya mengajar yang sesuai. Selain itu, untuk membentuk minat belajar siswa, guru hendaknya memberikan bahan pelajaran yang menarik. Bagi sekolah, sekolah diharapkan dapat menciptakan suasana yang nyaman untuk kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti lanjutan, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, karena hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh faktor kemampuan awal dan minat belajar, sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan baru yang penting bagi keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika; kemampuan awal; minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56758

Actions (login required)

View Item View Item