PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Efa Alfiah, 1401418114 (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran matematika penting dilaksanakan oleh guru sejak sekolah dasar karena sifatnya wajib, sesuai Permendikbud RI Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Pasal 5 Ayat 1, sehingga guru perlu memperhatikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran matematika pada materi pecahan penyebut berbeda. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran matematika materi pecahan penyebut berbeda di Kelas V SDIT Lentera Hati Kaligondang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengacu pada materi pecahan penyebut berbeda, yang menggunakan desain pembelajaran berbasis ADLX (Active, Deep, Learning, and eXperience) dengan pendekatan TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Aplikasikan, Duniawi, dan Ukhrowi) dalam pembelajarannya. Penilaian tidak hanya pada aspek kognitif, melainkan afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru belum mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan baik. Perencanaan pembelajaran di SDIT Lentera Hati Kaligondang berupa weekly plan, sebagai ganti dari silabus dan RPP. Weekly plan merupakan jadwal perpekan berisi gambaran umum mengenai pelaksanaan pembelajaran, termasuk matematika materi pecahan berpenyebut beda; 2) Guru menggunakan desain pembelajaran ADLX dengan pendekatan TERPADU pada kegiatan pendahuluan dan inti pembelajaran matematika materi pecahan berpenyebut beda, meskipun belum memuat kegiatan penutup. Pembelajaran berbasis ADLX dilakukan guru dengan mengaktifkan siswa di kelas melalui tanya jawab dan kerja kelompok. Guru baru menerapkan TERPA, berupa kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan materi pecahan berpenyebut beda; 3) Guru matematika melaksanakan penilaian pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilaksanakan secara formatif berupa kerja kelompok dan penilaian secara sumatif berupa tugas individu. Saran bagi guru matematika hendaknya dapat mengalokasikan waktu pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan. Guru perlu menambah wawasan terkait duniawi dan ukhrowi melalui berbagai sumber yuridis (standar proses, standar isi, dan standar penilaian) dan empiris dan mencantumkannya dalam weekly plan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Materi Pecahan, Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 00:36 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 00:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56757 |
Actions (login required)
View Item |