ANALISIS PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BREBES 01 KABUPATEN BREBES


Indah Amalia, 1401418110 (2022) ANALISIS PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BREBES 01 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418110 - Indah Amalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan literasi sekolah adalah upaya untuk menjadikan lingkungan sekolah yang berbudaya literasi. SDN Brebes 01 telah menerapkan program gerakan literasi sekolah dari sebelum pandemi dan berjalan optimal. Namun, setelah pasca pandemi kegiatan literasi masih jalan tetapi belum semaksimal seperti dulu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada siswa kelas IV di SD Negeri Brebes 01 dari tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan, dan tahapan pembelajaran. Kemudian kendala pelaksanaan gerakan literasi sekolah dan upaya mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru kelas IV di SDN Brebes 01 telah menerapkan gerakan literasi sekolah dengan tiga tahapan seperti tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Namun, hanya sampai tahap pengembangan diterapkannya program ini. Oleh karena itu, program gerakan literasi sekolah belum berjalan optimal lagi sehingga ditemukannya kendala dalam pelaksanaannya yaitu (1) kurangnya minat membaca pada peserta didik; (2) kurangnya pemeliharaan perpustakaan; dan (3) kurangnya suasana lingkungan literasi pada sekolah. Upaya mengatasi kendala pelaksanaan gerakan literasi sekolah yaitu (1) pemberian latihan membaca setiap hari; (2) menambah staf khusus perpustakaan dan mengadakan kerja sama dalam literasi sekolah yang melibatkan semua warga sekolah; (3) pengadaan lomba-lomba bertema literasi, pojok baca dibuat menarik dan membuat mading di setiap kelas. Simpulan penelitian ini yaitu pelaksanaan pasca pandemi program gerakan literasi sekolah di SDN Brebes 01 tidak berjalan optimal dikarenakan masih terdapat hambatan dalam proses pelaksanaanya. Saran peneliti untuk guru yaitu hendaknya dapat mengembangkan kegiatan literasi sekolah secara inovatif dan variatif dalam metode pelaksanaannya. Sekolah juga hendaknya meningkatkan motivasi terhadap peserta didik dengan memberikan sarana yang mendukung literasi sekolah yang lebih banyak dan kreatif sehingga menjadi lingkungan yang berbudaya literasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah; Literasi; Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:33
Last Modified: 29 Mar 2023 00:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56756

Actions (login required)

View Item View Item