PENGARUH PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 31 SEMARANG


Hafni Rafiqoh Majid, 3601418093 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 31 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601418093 - Hafni Rafiqoh Majid.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi seluruh aktivitas yang dikerjakan manusia semakin cepat terselesaikan. Proses pembelajaran yaitu interaksi antara peserta didik dan pendidik dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. Penerapan teknologi dalam pendidikan memberikan pengaruh terhadap pembelajaran sehingga pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran peserta didik tidak merasa jenuh atau bosan dan tujuan pembelajaran mudah tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 31 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, lokasi penelitian di SMP N 31 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 31 Semarang, dan untuk sampel penelitian yang diambil adalah peserta didik kelas VIII A dan peserta didik kelas VIII D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, tes yang terdiri dari pretest dan posttest, serta observasi. Alat untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 20, SPSS 25, dan berbatu Powerpoint. Hasil dari penelitian ini berdasarkan penerapan penggunaan media kahoot pada pembelajaran IPS sangat menarik minat dan antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat proses pembelajaran peserta didik lebih memperhatikan dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pengujian dua sampel menggunakan uji t-test diperoleh t nilai yang signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar IPS antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP Negeri 31 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP N 3 Semarang dengan menggunakan kahoot mengalami peningkatan yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Evaluasi Pembelajaran, Kahoot, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:41
Last Modified: 31 Mar 2023 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56743

Actions (login required)

View Item View Item