Efektivitas Personal Selling Dan Sales Promotion Dengan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Nilam Dwi Setiani, - and Siti Nuzulia, FIP Psikologi (2014) Efektivitas Personal Selling Dan Sales Promotion Dengan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Social and Industrial Psychology, 3 (1). ISSN 2252-6838
PDF
- Published Version
Download (255kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas metode promosi personal selling dan sales promotion berupa sampel produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini melibatkan 80 orang responden mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang didapatkan melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian ini merupakan desain kuasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil bahwa sebanyak 19 (47,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui personal selling, sedangkan sebanyak 27 (67,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui pemberian sampel produk. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini pemberian sampel produk lebih efektif dalam mendorong terjadinya keputusan pembelian responden.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | consumen purchase decisions, personal selling and product sample. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 04:21 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 04:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56739 |
Actions (login required)
View Item |