PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS INFOGRAFIS MATERI ORGANISASI-ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 TEGAL


Mohammad Bachtiar Maulana, 3101417046 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS INFOGRAFIS MATERI ORGANISASI-ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101417046 - Mohammad Bachtiar Maulana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Para pendidik pada umumnya hanya menyediakan bahan ajar yang monoton, di mana bahan ajar tersebut sudah tersedia dan tinggal pakai, serta tidak harus bersusah payah membuatnya. Karenanya diperlukan pengembangan bahan ajar agar sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang fokus mengedepankan afektif atau pada pengembangan ranah sikap pada siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan bahan ajar sejarah materi Organisasi-organisasi Pergerakan Nasional berbasis infografis untuk siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Delevopment (R&D). Uji coba produk ini menggunakan model desain ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling, peneliti mengambil dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan XI MIPA 3. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan melalui beberapa tahap antara lain Analysis (analisis) di mana dalam penelitian ini terdapat 2 tahap yaitu analisis kebutuhan siswa dan guru serta analisis kurikulum; Design (desain) dilakukan dengan pembuatan konsep hingga pembuatan materi desain yang disesuaikan dengan materi pembelajaran mata pelajaran sejarah yang dibutuhkan oleh siswa di SMA Negeri 3 Tegal; Development (pengembangan) dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji validasi oleh para ahli (ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran); Implementation (implementasi) dilakukan dengan mengimplementasikan bahan ajar berbasis infografis yang telah selesai dikembangkan kepada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Tegal; serta Evaluation (evaluasi) dalam penelitian ini dilakukan dengan menguji bahan ajar yang telah diimplementasikan dengan menyebar angket kuesioner kepada siswa dengan perolehan skor persentase rata-rata 80% berkriteria baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bahan ajar yang disusun oleh peneliti dinyatakan telah layak oleh ahli materi dengan skor persentase kelayakannya adalah 72% kriteria cukup baik; oleh ahli media diperoleh skor persentase kelayakannya adalah 90% dengan kriteria sangat baik; dan penilaian kelayakan oleh ahli pembelajaran diperoleh skor persentase kelayakannya adalah 100% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan penilaian kelayakan oleh semua validator diperoleh skor persentase rata-rata adalah 88% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Infografis, ADDIE
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:50
Last Modified: 31 Mar 2023 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56710

Actions (login required)

View Item View Item