IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SDN 1 BOJA KENDAL


Zharifatush Shalihah, 1401417011 (2022) IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SDN 1 BOJA KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417011 - Zharifatush Shalihah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SD Negeri 1 Boja Kendal melalui wawancara, observasi, dan data dokumentasi terdapat permasalahan yang dihadapi pendidik dalam kegiatan pembelajaran IPA di kelas empat yaitu keterbatasan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran IPA yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah pada penialaian tema 7 dengan 40% siswa tidak mencapai target KKM. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik; (2) menguji kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik; dan (3) menguji keefektifan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model penelitian dari Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Namun dalam penelitian ini, produksi massal tidak dilaksanakan dikarenakan keterbatasan peneliti. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa dari kelas IV SDN 1 Boja Kendal dan kelas IV SDN 6 Boja Kendal dengan rincian 37 siswa dan 2 guru beserta 2 ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan analisis data akhir (uji t dan uji N-gain). Penelitian ini menghasilkan: (1) modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik materi gaya dan gerak kelas IV; (2) modul tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil presentase sebesar 95,23% dari ahli media dan 90% dari ahli materi; (3) modul dinyatakan efekif ditinjau dari hasil peningkatan rata-rata pretest 74,4 dan posttest 83,2 dengan n-gain sebesar 0,34 termasuk dalam kriteria sedang. Pada pengujian t-test menunjukkan adanya perbedaan yaitu hasil posttest lebih besar dari hasil pretest. Simpulan dari penelitian ini yaitu modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Boja Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya dan Gerak, IPA, Modul Pembelajaran, Pendekatan Saintifik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:27
Last Modified: 28 Mar 2023 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56706

Actions (login required)

View Item View Item