HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA GROBOGAN


Yesy WuIandari, 1401416216 (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416216 - Yesy Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia menduduki peringkat nomor 69 dari survei yang diIakukan Programme for InternationaI Student Assesment (PISA). Sedangkan menurut data yang dipublikasikan oleh World Populatiun Review, Indonesia masih berada di peringkat ke-54. Hal itu membuktikan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya dibuktikan dengan permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara yang menunjukkan hasil belajar siswa pada PAS Matematika Semester 1 masih rendah yang dipengaruhi motivasi belajar siswa dan bimbingan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Matematika; (2) menguji hubungan bimbingan orang tua dengan hasil belajar Matematika; (3) menguji hubungan motivasi belajar siswa dan bimbingan orang tua dengan hasil belajar Matematika. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi dengan sampel 105 siswa yang diambil menggunakan sampel acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Matematika dengan kontribusi sebesar 42,1%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar Matematika dengan kontribusi sebesar 52,1%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dan bimbingan orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar Matematika dengan kontribusi sebesar 56,7%. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dan bimbingan orang tua dengan hasil belajar Matematika kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Grobogan. Saran yang dapat peneliti beikan yaitu guru dan orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar dan bimbingan belajar kepada siswa agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, bimbingan orang tua, hasil belajar Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:17
Last Modified: 28 Mar 2023 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56705

Actions (login required)

View Item View Item