Pengaruh Minat dan Kecerdasan Emosional terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas 3 Jurusan Akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi


Tyas Diniharsi, 2009 (2009) Pengaruh Minat dan Kecerdasan Emosional terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas 3 Jurusan Akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat dan Kecerdasan Emosional terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas 3 Jurusan Akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi]
Preview
PDF (Pengaruh Minat dan Kecerdasan Emosional terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas 3 Jurusan Akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi) - Published Version
Download (22kB) | Preview

Abstract

Tyas Diniharsasi. 2009. Pengaruh Minat dan Kecerdasan Emosional terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas 3 Jurusan Akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. 78 Hal Kata Kunci: Minat, Kecerdasan Emosional dan Kesiapan Kerja Siswa lulusan SMK pada dasarnya dipersiapkan agar dapat langsung bekerja di dunia usaha atau dunia industri. Untuk dapat mempersiapkan diri bekerja di dunia kerja tidak hanya dibutuhkan ilmu pengetahuan, keterampilan teknis dari bidang yang ditekuninya dan pengalaman kerja saja, tetapi ada banyak hal yang mempengaruhi kesiapan kerja seseorang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK YPE Nusantara Slawi diketahui bahwa pada saat pelaksanaan pelatihan atau praktik kerja industri pekerjaan yang siswa peroleh atau kerjakan kebanyakan tidak sesuai dengan bidang keahliannya sehingga dalam bekerja siswa kurang maksimal karena kurang menguasai. Di samping itu, siswa juga tidak mempunyai pengalaman kerja lain di luar dari kegiatan atau program sekolah, sehingga siswa tidak memiliki keterampilan yang cukup dibidangnya. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa siswa belum mempunyai kesiapan/ kematangan kerja. Kesiapan kerja seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya seperti minat dan kecerdasan emosional. Seseorang yang mempunyai minat kerja yang tinggi akan memiliki kesungguhan, kegigihan, keuletan, kemampuan dan kesabaran dalam bekerja, sehingga memiliki kesiapan kerja yang baik yang pada akhirnya akan memperoleh hasil kerja yang maksimal atau memuaskan. Disamping itu, kecerdasan emosional juga lebih dominan digunakan dalam dunia kerja dalam menghadapi kenyataan dan tantangan permasalahan kerja sehingga kemampuan individu dalam mengelola emosi akan banyak membantu kesuksesannya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja siswa kelas 3 jurusan akuntansi di SMK YPE Nusantara Slawi, seberapa besar pengaruh minat terhadap kesiapan kerja siswa kelas 3 jurusan akuntansi di SMK YPE Nusantara Slawi, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja siswa kelas 3 jurusan akuntansi di SMK YPE Nusantara Slawi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 3 jurusan akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi yang berjumlah 145 siswa dan teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, dengan sampel berjumlah 107 siswa. Variabel yang diteliti terdiri dari minat (XI), kecerdasan emosional (X2), dan kesiapan kerja siswa (Y1). Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan angket/ kuesioner. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat kerja siswa, tingkat kecerdasan emosional dan kesiapan kerja siswa semuanya tergolong tinggi, yaitu masing-masing mencapai 73,92%; 68,93%; dan 70,36%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa minat dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK YPE Nusantara Slawi dengan kontribusi sebesar 34,8%. Secara parsial minat kerja memberikan kontribusi terhadap kesiapan kerja sebesar 8,6%; sedangkan kecerdasan emosional lebih banyak memberikan kontribusi terhadap kesiapan kerja yaitu sebesar 25%. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesiapan kerja siswa kelas 3 jurusan akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi sudah baik, tetapi masih perlu ditingkatkan karena belum optimal. Adanya hubungan yang signifikan antara minat, kecerdasan emosional dan kesiapan kerja siswa kelas 3 jurusan akuntansi SMK YPE Nusantara Slawi perlu diperhatikan agar dapat menjadi fungsional dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa pada tahun-tahun yang akan datang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para siswa maupun pihak sekolah. Para siswa diharapkan dapat mencermati faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan kerjanya, terutama yang berkaitan dengan minat dan kecerdasan emosional dirinya. Demikian juga dengan pihak sekolah, perlu mengupayakan bimbingan dari BK untuk membina siswa agar minat dan kecerdasan emosionalnya dapat berkembang dengan baik sehingga memberikan konsekuensi pada tingginya kesiapan siswa untuk bekerja. Selain itu, perlu upaya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan pihak dunia usaha atau dunia industri (DU/DI) secara lebih inten sehingga dapat menciptakan perjanjian kerja sama dalam prakerin maupun rekruitmen tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Kecerdasan Emosional dan Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2011 00:12
Last Modified: 19 Oct 2011 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item