Pengaruh Optimisme terhadap Kesejahteraan Psikologis dalam Menghadapi Covid-19 Siswa Kelas X SMAN 1 Gondang


Lenia Nawang Arum, 1301418004 (2022) Pengaruh Optimisme terhadap Kesejahteraan Psikologis dalam Menghadapi Covid-19 Siswa Kelas X SMAN 1 Gondang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301418004 - Lenia Nawang Arum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 mengharuskan siswa belajar secara daring ataupun hybrid yang menyebabkan siswa mengalami masalah kesehatan mental terutama pada kesejahteraan psikologis. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh optimisme terhadap kesejahteraan psikologis siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang dalam menghadapi covid-19. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala optimisme dan skala kesejahteraan psikologis. Skala kesejahteraan psikologis dengan jumlah 48 item memiliki rentang nilai koefisien validitas 0,198 hingga 0,620 dan reliabilitas 0,865 sehingga dapat dikatakan valid dan reliabel. Selanjutnya skala optimisme berjumlah 40 item memiliki rentang nilai koefisien validitas 0,200 hingga 0,664 dan reliabilitas 0,862 sehingga dapat dikatakan valid dan reliabel. Melalui teknik sampel tersebut diperoleh data sebanyak 161 siswa kelas X dari populasi 300 siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimisme berpengaruh terhadap kesejahteraan psikologis dengan koefisien determinasi (R2 = 0,252, ρ < 0,05). Artinya optimisme memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 25,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu melakukan penelitian dengan topik ini namun menggunakan metode penelitian lainnya seperti metode eksperimen. Bagi guru BK dapat membuat layanan BK yang membantu siswa dalam meningkatkan optimisme dan kesejahteraan psikologis siswa. Guru BK dapat memberikan layanan dasar maupun layanan responsif. Layanan dasar yang dapat diberikan oleh guru BK seperti bimbingan kelompok dan untuk layanan resposif yang bisa diberikan oleh guru BK yaitu konseling individu dan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Optimisme, Kesejahteraan Psikologis, Covid-19
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:28
Last Modified: 27 Mar 2023 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56695

Actions (login required)

View Item View Item