HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA N 1 BANDAR KABUPATEN BATANG


Muhammad Falasif Lathoifi, 1301416013 (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA N 1 BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301416013 - Muhammad Falasif Lahoifi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan dari wawancara dengan guru BK kondisi lapangan sekarang lulusan tahun 2020 sebanyak 243 siswa hanya 97 siswa yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, jadi hanya 40,3 %. Menurut guru BK siswa perlu untuk diberi motivasi agar dipersiapkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sehingga guru BK pun setuju dengan penulis untuk mengetahui adakah hubungan motivasi belajar dengan minat masuk perguruan tinggi di SMA N 1 Bandar Kab.Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan motivasi belajar dengan minat masuk perguruan tinggi di SMA N 1 Bandar Kab.Batang. Metode penelitian ini adalah penelitan kuantitatif dan desain penelitian ini adalah penelitian korelasi, dengan sampel yang digunakan berjumlah 67 dari 252 populasi siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penilitian ini menggunakan skala motivasi belajar siswa dan skala minat masuk perguruan tinggi. Instrument penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistic inferensial dengan teknik korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar siswa dengan minat masuk ke perguruan tinggi di SMA Negeri 1 Bandar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat masuk perguruan tinggi termasuk dalam kategori rendah. Hal tersebut menunjukkan masih rendah minat siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan minat masuk perguruan tinggi di SMA Negeri 1. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya motivasi belajar pada siswa maka akan mempengaruhi naiknya minat pada siswa untuk masuk perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:23
Last Modified: 27 Mar 2023 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56694

Actions (login required)

View Item View Item