PERAN GURU IPS DALAM MENGUATKAN KETERAMPILAN SOSIAL BERKOMUNIKASI DAN KOLABORASI PADA PESERTA DIDIK DI SMP TEUKU UMAR KOTA SEMARANG


Anita Septiana, 3601418091 (2022) PERAN GURU IPS DALAM MENGUATKAN KETERAMPILAN SOSIAL BERKOMUNIKASI DAN KOLABORASI PADA PESERTA DIDIK DI SMP TEUKU UMAR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601418091 - Anita Septiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sosial kini masih menjadi pusat perhatian, salah satunya pada kalangan pendidikan menengah. Permasalahan sosial pada kalangan peserta didik menimbulkan perilaku menyimpang seperti terdapat peserta didik menggunakan handphone tidak sesuai kondisi, memiliki sikap kurang percaya diri, bersikap pendiam, individualis, berperilaku tidak sopan, kurang menghargai guru, ngantuk pada jam pelajaran, serta terdapat peserta didik yang melanggar aturan sekolah seperti terlambat berangkat ke sekolah. Melihat banyak faktor yang terjadi, hal tersebut dapat mempengaruhi kemajuan peserta didik dalam keterampilan sosial berkomunikasi dan kolaborasi. Oleh karena itu, setiap individu dituntut untuk menguasai keterampilan sosial dan dapat menyesuaian diri baik di sekolah maupun lingkungan sekitarnya, agar mampu mengatasi segala permasalahan yang terjadi sebagai hasil interaksi dengan lingkungan sosial dan dapat menampilkan diri sesuai dengan ketentuan norma yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru IPS dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam menguatkan keterampilan sosial berkomunikasi dan kolaborasi pada didik di SMP Teuku Umar Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi pada penelitian ini adalah SMP Teuku Umar Kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah Guru IPS, kepala sekolah dan peserta didik. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis datanya melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS di SMP Teuku Umar Kota Semarang berperan sebagai pembimbing, pengarah dan fasilitator untuk membantu peserta didik dalam mengasah potensi yang dimilikinya dalam menguatkan keterampilan sosial berkomunikasi dan kolaborasi. Guru IPS di SMP Teuku Umar Kota Semarang menguatkan keterampilan sosial berkomunikasi dan kolaborasi pada peserta didik melalui pelaksanaan pembelajaran dimana perkembangan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dapat dilihat melalui penggunaan metode dan media pembelajaran. Ditemukan faktor yang mempengaruhi peran guru IPS dalam menguatkan keterampilan sosial berkomunikasi dan kolaborasi pada peserta didik yaitu faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong diantaranya adalah faktor dari orang tua, sarana dan prasarana, lingkungan sekolah, kemampuan menyesuaikan diri dan faktor penghambat yakni meliputi faktor kepribadian individu, pengaruh teknologi dan kondisi keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Keterampilan Sosial, Komunikasi dan Kolaborasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:21
Last Modified: 27 Mar 2023 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56690

Actions (login required)

View Item View Item