DAMPAK PEMBANGUNAN PABRIK PT.ECOSMARTGARMENT INDONESIA TERHADAP PERUBAHANSOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT DESABABADANKECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI


Leny Triyana, 3601418083 (2022) DAMPAK PEMBANGUNAN PABRIK PT.ECOSMARTGARMENT INDONESIA TERHADAP PERUBAHANSOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT DESABABADANKECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601418083 - Leny Triyana.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Proses industrialisasi dapat diartikan sebagai salah satu upaya pembangunanekonomi suatu negara. Melalui pembangunan pabrik PT.Eco Smart Garment Indonesia di Desa Babadan memberikan peran dalam ekonomi maupun sosial masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dalampenelitianini ialah untuk mengetahui bagaimana dampak pembangunan pabrik PT.EcoSmart Garment Indonesia terhadap perubahan sosial-ekonomi masyarakat DesaBabadan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, serta dampak apa saja yangdihasilkan dengan keberadaan PT.Eco Smart Garment Indonesia tersebut di DesaBabadan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, sertadokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Babadan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, tepatnya di sekitar Pabrik PT.ESGI. Subjek dalampenelitianini meliputi Kepala Desa. Pedagang, karyawan pabrik, pemilik kontrakan, sertawarga Desa Babadan. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaituteknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Sedangkan untuk analisisdata menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat perubahan sosial yang terjadi di Desa Babadan setelah hadirnya pabrik PT.ESGI yaitu pertambahanjumlah penduduk dan pendatang, serta meningkatnya kesadaran akan mutupendidikan. (2) terdapat perubahan ekonomi masyarakat yaitu perubahanmatapencaharian yang mana sebelum adanya pabrik masyarakat mayoritas sebagai petani akan tetapi setelah adanya pabrik masyarakat beralih menjadi pedagang, karyawan pabrik, usaha parkir, serta pemilik kontrakan. Selain itu terdapat peningkatan pendapatan masyarakat. Hal itupun berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan yang lebih maju dan stabil daripada sebelumhadirnya pabrikPT.ESGI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pembangunan, Perubahan Sosial-Ekonomi, Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:59
Last Modified: 27 Mar 2023 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56685

Actions (login required)

View Item View Item