PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA


Lintangsari, 4401418090 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401418090 - Lintangsari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh besar terhadap pendidikan, maka dibutuhkan inovasi pembelajaran baru berupa sumber belajar e-modul. Pembelajaran secara daring memberikan efek permasalahan dalam proses pembelajaran, seperti menurunkan motivasi atau minat baca siswa dalam belajar dan kesulitan orangtua dalam mengontrol anaknya belajar. E-modul Berbasis Potensi Lokal Taman Nasional Gunung Merbabu dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan e-modul berbasis potensi lokal Taman Nasional Gunung Merbabu dan menganalisis hasil belajar siswa dengan penggunaan e-modul sebagai sumber belajar. Lokasi penelitian di SMA N 1 Karanggede. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Kelayakan e-modul dilakukan oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, respon guru, dan respon siswa. Sumber belajar e-modul dinilai sangat layak berdasarkan validasi ahli media 95% dan ahli materi 94,7%. Sumber belajar e-modul direspon sangat baik oleh guru dan siswa. Persentase respon guru adalah 85%, respon siswa pada skala kecil sebesar 84,65%, dan respon siswa pada skala besar 83,06%. Uji pemakaian e-modul dilakukan setelah mendapatkan penilaian kelayakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pada uji skala kecil dan skala besar. Uji skala kecil dilakukan pada kelas X.MIPA 4 diperoleh hasil belajar ketuntasan klasikal sebesar 94,4% dengan kriteria sangat baik. Uji skala besar dilakukan pada kelas X.MIPA 1 diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 97,22% dengan kriteria sangat baik, kelas X.MIPA 2 diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 86,11% dengan kriteria sangat baik, dan X.MIPA 3 diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,11% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis potensi lokal Taman Nasional Gunung Merbabu materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar siswa SMA dan persentase siswa yang tuntas belajar atau siswa yang mendapat nilai ≥ 70 jumlahnya lebih besar atau sama dengan 85% jumlah siswa seluruhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar, materi keanekaragaman hayati, kelayakan e-modul, hasil belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:43
Last Modified: 27 Mar 2023 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56682

Actions (login required)

View Item View Item