EFEKTIVITAS MEDIA PERAGA SISTEM KOORDINASI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION


Anggun Yuliana, 4401418086 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA PERAGA SISTEM KOORDINASI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401418086 - Anggun Yuliana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media peraga sistem koordinasi manusia untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran dengan model group investigation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ungaran tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment tipe two group pretest-posttest with control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen menggunakan media peraga sistem koordinasi manusia pada pembelajaran dengan model GI dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelompok kontrol menggunakan video dan PPT pada pembelajaran dengan model GI. Keefektifan media peraga sistem koordinasi manusia pada pembelajaran dengan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan metakognisi ditentukan dari uji hipotesis, terdapat perbedaan signifikan kemampuan metakognisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Keefektifan media peraga sistem koordinasi manusia pada pembelajaran dengan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa ditentukan dengan kriteria, 1) Ketercapaian KKM, 2) Perolehan N-Gain, dan 3) terdapat perbedaan signifikan hasil penguasaan konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis kemampuan metakognisi menunjukan tidak ada perbedaan signifikan kemampuan metakognisi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil kemampuan penguasaan konsep menunjukkan ketuntasan klasikal kelas eksperimen dan kontrol > 75% dengan peningkatan ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji N-gain menunjukkan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen telah mencapai kriteria. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini bahwa media peraga sistem koordinasi manusia pada pembelajaran dengan model GI efektif meningkatkan kemampuan penguasaan konsep tetapi tidak efektif meningkatkan kemampuan metakognisi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media peraga sistem koordinasi manusia, Group Investigation, Metakognisi, penguasaan konsep
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:38
Last Modified: 27 Mar 2023 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56681

Actions (login required)

View Item View Item