KAWASAN OLAHRAGA DI KABUPATEN DEMAK Dengan Pendekatan Desain Inklusi


Laila Rowa’imun Nafi’, 5112417003 (2021) KAWASAN OLAHRAGA DI KABUPATEN DEMAK Dengan Pendekatan Desain Inklusi. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5112417003 - Laila R Nafi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai kabupaten yang menduduki peringkat yang tidak begitu membanggakan dalam event PORPROV 2018, Kabupaten Demak sebenarnya menyimpan banyak potensi atlet – atlet yang berprestasi. Akan tetapi, potensi dari para atlet Kabupaten Demak tidak terasah secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya fasilitas atau sarana yang mendukung para atlet untuk mengasah potensinya. Selain itu, sebagai fasilitas publik, kawasan olahraga haruslah dapat digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Akan tetapi keterbatasan fisik dan mental seseorang, tentu saja mempengaruhi kebutuhan penggunanya. Pada realitanya dalam aspek bangunan kawasan olahraga kab Demak dapat dibilang tidak ramah terhadap para lansia, anak-anak, dan orang berkebutuhan khusus karena tidak sesuai dengan kaidah Desain Inklusi. Perancangan Kawasan Olahraga di Kabupaten Demak ini dinilai tepat untuk mewujudkan wadah yang berguna sebagai tempat olahraga secara optimal sebagai sarana olahraga dan rekreasi yang nyaman dan layak bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Demak. Dengan penekanan Desain Inklusi, memberikan rasa kesetaraan tanpa membeda – bedakan antar lapisan masyarakat dalam beraktifitas disana agar seluruh kalangan masyarakat bisa beraktifitas disana tanpa hambatan. Dengan memperhatikan pendekatan fungsional, kinerja, teknis, dan konstekstual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Kawasan Olahraga, Kabupaten Demak, Desain Inklusi
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:40
Last Modified: 27 Mar 2023 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56680

Actions (login required)

View Item View Item