ANALISIS MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DI SMA
Salsa Fatha Irwandita, 4401418074 (2022) ANALISIS MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada awal pandemi belum ada intruksi untuk melaksanakan pembelajaran daring. Hal tersebut menyebabkan menurunnya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Akhirnya, pemerintah membuat kebijakan dengan segala kegiatan dilaksanakan dari rumah, termasuk pembelajaran. Pembelajaran daring tidak sepenuhnya mengembalikan motivasi belajar siswa seperti pada saat pembelajaran tatap muka di kelas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlaksanaan proses pembelajaran biologi, motivasi belajar siswa, dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran biologi secara daring. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 12 Semarang pada bulan Maret – Mei 2022. Jenis penelitian observasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA sejumlah 107 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen lembar observasi proses pembelajaran daring, angket respon motivasi belajar siswa, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Teknik pengolahan data dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu: 1) proses pelaksanaan pembelajaran daring memperoleh persentase 80,25%. Pada proses pembelajaran daring menerapkan model pembelajaran, tugas LKPD, dan materi video. Kesimpulannya, proses pembelajaran daring berada pada kategori baik; 2) Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring persentase 78,05%. Motivasi pada pembelajaran daring diketahui bahwa terdapat motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Kesimpulannya, motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring termasuk kategori baik; dan 3) aktivitas belajar siswa pada saat daring memperoleh persentase 80%. Jenis aktivitas berupa visual, oral, listening, writing, dan emotion. Kesimpulannya adalah aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring termasuk kategori baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, motivasi belajar, pembelajaran daring |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 05:21 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 05:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56668 |
Actions (login required)
View Item |