PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PEDULI DI SMP NEGERI 1 BOJONG


Dina Nisrina, 3601418044 (2022) PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PEDULI DI SMP NEGERI 1 BOJONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601418044 - Dina Nisrina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan sangat penting ditanamkan pada diri seseorang. Nilai tersebut dapat ditanamkan melalui pembiasaan yang dilakukan sehari-hari seperti pembiasaan tolong menolong serta 3R. Akan tetapi permasalahan terkait sikap kepedulian sosial yang dimiliki oleh siswa yakni menurunnya kepedulian antar teman karena sikap individualis, serta sikap kepedulian lingkungan akibat menurunnya kesadaran siswa akan kebersihan lingkungan sekitar. Sebagai makhluk sosial yang hidup dibumi tentu sikap peduli sosial dan peduli terhadap lingkungan diperlukan oleh setiap orang. Penelitian ini berfokus pada: (1) peran guru IPS dalam menanamkan nilai karakter peduli melalui pembiasaan tolong menolong dan 3R, (2) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, (3) kendala yang dialami oleh guru dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, serta menggunakan bahan referensi. Penelitian ini dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru IPS berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan pengarah dalam menanamkan nilai karakter peduli melalui pembiasaan tolong menolong dan 3R, (2) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS ialah metode ceramah, diskusi, dan pembelajaran berbasis masalah, (3) kendala yang dialami oleh guru IPS ialah peran dan dukungan dari lingkungan sekitar kurang maksimal, adanya perbedaan karakter siswa, serta pandemi Covid-19 yang mengakibatkan degredasi karakter. Saran yang diberikan kepada guru IPS dalam menanamkan nilai karakter peduli ialah diharapkan senantiasa meningkatkan peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan pengarah dalam menanamkan karakter peduli siswa melalui pembiasaan tolong menolong dan 3R pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Peduli, Tolong Menolong, 3R (Reduce (Pengurangan Sampah), Reuse (Penggunaan Kembali), Recycle (Daur Uiang))
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:57
Last Modified: 27 Mar 2023 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56661

Actions (login required)

View Item View Item