PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA


Siti Nur Alimah, 4401418060 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401418060 - SITI NUR ALIMAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi sistem ekskresi manusia. Metode penelitian yang digunakan, yaitu Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan instrumen ini diadaptasi dari tahapan menurut Sugiyono (2015) dengan sepuluh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji skala kecil, revisi produk I, uji skala besar, revisi produk II, dan kajian produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Juwana. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Instrumen tes mengacu pada indikator Facione (interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi dan self regulation) berbentuk uraian berjumlah 18 butir soal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan data dari respon siswa terhadap instrumen yang telah disusun. Angket siswa dibuat menggunakan skala Likert. Analisis data yang digunakan untuk tes berupa uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian uji skala kecil dari 18 soal, sebanyak 3 butir soal belum valid sehingga harus dilakukan perbaikan. Keterampilan berpikir kritis siswa pada uji skala kecil termasuk kategori tinggi dengan persentase sebanyak 48.5%. Pada uji skala besar 18 butir soal sudah dinyatakan valid dan layak untuk digunakan serta keterampilan berpikir kritis siswa sebanyak 52,3% yang termasuk kategori tinggi. Simpulan dari penelitian adalah instrumen dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan validasi pakar, analisis butir soal dan uji coba lapangan serta tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Juwana berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Ekskresi Manusia, Instrumen Tes, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:16
Last Modified: 27 Mar 2023 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56659

Actions (login required)

View Item View Item