PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA


Nurul Habibatun Nikmah, 4401418034 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401418034 - Nurul Habibatun Nikmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal penting yang sangat berperan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa media belajar di SMA N 1 Kendal masih menggunakan sumber yang terbatas yaitu buku paket dan LKS yang masih konvensional. Narasumber menyebutkan bahwa salah satu materi yang dianggap sulit yaitu materi Sistem Reproduksi. Pengembangan LKPD berbasis permainan edukatif diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang muncul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media LKPD dan efektifitas penggunaan LKPD berbasis permainan edukatif pada materi Sistem Reproduksi dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian dirancang dengan metode penelitian 4D: Define, design, develop, dan disseminate. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest desain. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Validitas LKPD yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat layak digunakan untuk media pembelajaran pada materi Sistem Reproduksi. Hasil validasi LKPD diperoleh persentase 89,85% dari ahli media, dan 97,5% dari ahli materi yang keduanya berada pada kategori sangat layak. Hasil validasi oleh siswa memperoleh persentase sebesar 81,47% dengan kategori sangat layak. Analisis hasil belajar mendapatkan skor N-gain sebesar 74,75% dengan kategori sedang dan tinggi dan untuk ketuntasan klasikal siswa diperoleh hasil 85,04%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa LKPD berbasis permainan edukatif pada materi Sistem Reproduksi layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Permainan Edukatif, Sistem Reproduksi, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:52
Last Modified: 27 Mar 2023 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56654

Actions (login required)

View Item View Item