STRATEGI PEMBELAJARAN IPS BERMUATAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI TOLERANSI DI SMP NEGERI 2 WANGON


Septya Nurhayati, 3601418032 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN IPS BERMUATAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI TOLERANSI DI SMP NEGERI 2 WANGON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601418032 - Septya Nurhayati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu dari jalan yang dapat diambil untuk menumbuhkan semangat persatuan di balik keragaman Indonesia. Tetapi faktanya dalam pengajaran masih terfokus pada penyampaian materi dengan mengejar target sesuai kurikulum tanpa memasukan wawasan multikultural didalamnya. Tidak semua sekolah menyadari dan menerapkan pembelajaran IPS bermuatan multikultural. SMP Negeri 2 Wangon adalah salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran IPS bermuatan multikultural. Namun demikian, masih terdapat hambatan dalam penerapannya, diantaranya peserta didik yang dikucilkan oleh temannya, bullying, malu berpendapat dan metode pembelajaran monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pembelajaran IPS yang bermuatan multikultural, mengetahui integrasi pembelajaran IPS bermuatan multikultural sebagai upaya penguatan nilai toleransi antar agama dan menghargai perbedaan pendapat, serta mengetahui sejauh mana penerapan strategi pembelajaran IPS bermuatan multikultural sehingga dapat mempengaruhi perkembangan toleransi peserta didik di SMP Negeri 2 Wangon. Hal ini agar menjadi referensi, informasi, penentu kebijakan serta dapat dijadikan bahan evaluasi pendidik dalam memilih strategi yang tepat dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan mix method dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan survei. Sumber data berasal dari informan, kondisi sekolah dan dokumentasi yang mendukung penelitian. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan credibility, transferability, dependanility, dan confirmability. Teknik analisis data yang digunakan teknik Interaktive model, meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menujukkan bahwa SMP Negeri 2 Wangon dalam menerapkan strategi pembelajaran IPS bermuatan multikultural dengan menggunakan strategi kooperatif, strategi ekspositori dan menghubungkan materi dengan multikultural serta melalui pendekatan pada peserta didik. Dalam integrasi pembelajaran IPS bermuatan multikultural sebagai upaya penguatan nilai toleransi antar agama dan menghargai perbedaan pendapat dilakukan dengan mengaitkan materi pada wawasan multikultural, pembelajaran juga dilakukan dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan (pembuka, inti, penutup) dan tahap evaluasi. Peserta didik SMP Negeri 2 Wangon juga sudah menerapkan sikap toleransi hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan besarnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran IPS bermuatan multikultural mempengaruhi secara sedang sikap toleransi peserta didik di SMP Negeri 2 Wangon yaitu sebesar 31,4%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Multikultural, Penguatan Toleransi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:15
Last Modified: 27 Mar 2023 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56650

Actions (login required)

View Item View Item