PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMA


Putri Izatul Aulia, 4401418008 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401418008 - Putri Izatul Aulia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan bahan ajar cetak di sekolah kurang diminati oleh siswa serta minat dan motivasi belajar siswa rendah sehingga kompetensi dasar yang ditetapkan belum tercapai. Kemajuan ilmu teknologi dapat dimanfaatkan untuk pengadaan bahan ajar yang lebih variatif seperti E-modul. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan, kepraktisan dan keefektifan E-modul dalam proses pembelajaran serta mendeskripsikan E-modul yang layak, praktis dan efektif untuk proses pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan yaitu pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Kelayakan E�modul ditentukan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media. Kepraktisan E�modul ditentukan berdasarkan tanggapan siswa dan tanggapan guru. Keefektifan E-modul ditentukan berdasarkan minat dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli materi sebesar 87% (sangat layak) dan nilai validasi ahli media sebesar 93% (sangat layak). Hasil kepraktisan E-modul yaitu guru berpendapat sangat praktis, pada uji skala kecil semua siswa berpendapat praktis, pada uji skala besar 49% siswa berpendapat sangat praktis dan 51% siswa berpendapat praktis. Hasil keefektifan e-modul pada uji skala kecil yaitu 40% siswa berpendapat sangat efektif dan 60% siswa berpendapat efektif, pada uji skala besar 66% siswa berpendapat sangat efektif dan 34% siswa berpendapat efektif. Simpulan E-modul struktur dan fungsi jaingan tumbuhan berbasis discovery learning layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-modul, discovery learning, struktur & fungsi jaringan tumbuhan
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:12
Last Modified: 27 Mar 2023 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56647

Actions (login required)

View Item View Item