PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BIOLOGI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA


Laila Muna, 4401418004 (2022) PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BIOLOGI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401418004 - Laila Muna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2020 ujian nasional dihapuskan dan diganti dengan asesmen nasional yang terdiri dari asesmen kompetensi minimum (AKM) dan survei karakter. Hal tersebut dilakukan karena hasil PISA menunjukkan kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi siswa Indonesia masih rendah. Penyusunan instrumen tes berbasis literasi membaca dan numerasi merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan siswa menghadapi AKM. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal AKM biologi yang layak dan efektif untuk mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan desain penelitian Sugiyono: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk final, (10) produk final. Produk akhir dalam penelitian ini adalah instrumen tes berbasis literasi membaca dan numerasi yang telah dinyatakan layak dan efektif untuk mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi sebanyak 50 soal. Hasil validasi instrumen oleh ahli untuk masing-masing soal AKM mendapat rata-rata persentase sebesar 90,76% dan 91,13%. Hasil respon guru mendapat rata-rata persentase 77,5% dan 78%. Respon siswa mendapat rata-rata persentase 81,6% dan 76,34%. Instrumen AKM efektif mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa dengan hasil rata-rata 67,72 dan 60,42 yang tergolong dalam kategori dasar. Kemampuan dalam literasi membaca yaitu menemukan informasi mendapat nilai 72,4 (dasar), interpretasi dan integrasi 77,632 (cakap), dan evaluasi dan refleksi 53,13 (dasar). Kemampuan dalam literasi numerasi yaitu pengetahuan mendapat nilai 52,26 (dasar), penerapan 66,98 (dasar), dan penalaran 62,02 (dasar). Instrumen AKM biologi yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Membaca, Literasi Numerasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:24
Last Modified: 27 Mar 2023 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56639

Actions (login required)

View Item View Item