PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TWO-TIER MULTIPLE CHOICHE BERBASIS HOTS PADA MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK


Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TWO-TIER MULTIPLE CHOICHE BERBASIS HOTS PADA MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK. Inovasi Pembelajaran Fisika.

[thumbnail of Dewi Risma (2023) - Masturi UNNES (1).pdf] PDF
Download (770kB)
[thumbnail of Tutnitin] PDF (Tutnitin)
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data PISA 2018 yang menyebutkan peringkat Indonesia berada pada 74 dari 79 negara. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kompetensi pengajar pada level rendah menjadi faktor yang menyebabkan Indonesia berapa pada peringkat bawah. Sehubungan dengan itu tenaga pengajar memerlukan inovasi salah satunya dengan pengembangan instrumen tes berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan dan keefektivan instrumen tes untuk materi rangkaian arus bolak balik. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4D. Instrumen tes terdiri atas 25 soal berbasis HOTS dengan jumlah item soal kategori sukar berjumlah 3 soal, kategori sedang berjumlah 14 soal, dan kategori mudah berjumlah 8 soal. Analisis data dengan pemodelan Rasch berbantuan Software Ministep 5.2.4.0. Instrumen tes yang dikembangkan dikategorikan reliabel dengan perolehan nilai alpha cronbach uji skala kecil dan uji skala besar masing-masing 0,88 dan 0,76. Analisis data tersebut, menyatakan instrumen HOTS yang dikembangkan dalam kategori cukup dan dapat diaplikasikan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Two-Tier Multiple-Choice test, HOTS, Rasch model.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:21
Last Modified: 27 Mar 2023 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56638

Actions (login required)

View Item View Item