PENGGUNAAN SOFTWARE REVIT PADA BANGUNAN GEDUNG PENGOLAHAN SAMPAH UNNES MENGGUNAKAN METODE (BIM) BUILDING INFORMATION MODELING


Adhitya Dwi Chandra, 5111418089 (2022) PENGGUNAAN SOFTWARE REVIT PADA BANGUNAN GEDUNG PENGOLAHAN SAMPAH UNNES MENGGUNAKAN METODE (BIM) BUILDING INFORMATION MODELING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5111418089 - Adhitya Dwi Chandra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memicu proses perkembangan pada bidang Teknik Sipil. Indonesia di era saat ini khususnya pada dunia industri bidang konstruksi telah berkembang sangat baik, cepat dan pesat, kemajuan ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya pembangunan baru pada daerah yang sebelumnya minim pembangunan di wilayah Indonesia. Penelitian ini adalah melakukan eksplorasi yang berguna untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu software berbasis BIM, yaitu Autodesk Revit. Peneliti melakukan eksplorasi dengan memodelkan Bangunan Gedung Pengolahan Sampah UNNES dalam beberapa komponen Structure, Architecture dan MEP. Dari penelitian ini maka ditemukan kelebihan dan kekurangan saat memodelkan Bangunan Gedung Pengolahan Sampah UNNES. Kekurangan yang ditemukan adalah tidak ditemukan family AC indoor dan outdor juga diharuskan membuat family pondasi lajur. selain dari aspek family. Selain kekuranga, peneliti juga menemukan kelebihan pada saat melakukan pemodelan. Peneliti dimudahkan pada saat inggin menampilkan informasi pada kompone melalui schedules. pada schedules, peneliti dapat mengetahui informasi secara mudah denggan memilih icon schedule-schedules/quantities, lalu pilih category pada new schedule dan pilih informasi yang ingin diketahui pada available fields. Lalu peneliti dimudahkan saat pemnyusunan dinding, lantai dan juga atap karena kelengkapan elemen pasa software Revit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode BIM, Software Revit, Eksplorasi BIM, Kekurangan dan Kelebihan Revit, BIM (Building Information Modelling)
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:37
Last Modified: 21 Mar 2023 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56610

Actions (login required)

View Item View Item