(ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING PADA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH, KEC.KESESI, KAB. PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010


Arum Tyas Sulistyani , 2101406023 (2010) (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING PADA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH, KEC.KESESI, KAB. PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING PADA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH, KEC.KESESI, KAB. PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE MELALUI MEDIA MAJALAH DINDING PADA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH, KEC.KESESI, KAB. PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis artikel siswa SMP Muhammadiyah, Kec. Kesesi, Kab. Pekalongan masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh pendekatan dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih fokus pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, sehingga guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Faktor lain adalah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Mereka beranggapan bahwa pembelajaran menulis artikel itu merupakan pembelajaran yang sulit dan membosankan. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis artikel, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas IX SMP Muhammadiyah, Kec. Kesesi, Kab. Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis artikel dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media majalah dinding pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendiskripsi peningkatan keterampilan menulis artikel, dan (2) mendiskripsi perubahan perilaku siswa kelas IX SMP Muhammadiyah, Kec. Kesesi, Kab. Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis artikel dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media majalah dinding pada saat pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah keterampilan menulis artikel dengan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media majalah dinding pada siswa kelas IX. Sumber data yang diambil adalah kelas IX SMP Muhammadiyah, Kec. Kesesi, Kab. Pekalongan. Kelas IX pada SMP hanya satu kelas yang terdiri atas 28 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu: (1) variabel keterampilan menulis artikel, dan (2) variabel metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media majalah dinding. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik tes diberikan melalui soal uraian dan teknik nontes diambil melalui deskripsi perilaku ekologis, catatan harian, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi video dan foto. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis artikel siswa pada tahap prasiklus, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 56,69 dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media majalah dinding pada siklus I, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 64,5 dengan kategori cukup. Tindakan dan nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai tujuan yang akan dicapai. Nilai rata-rata yang harus dicapai adalah 70. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 75,61 dalam kategori baik. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 11,11 atau 17,22% dari siklus I ke siklus II dan 7,75% dari prasiklus ke siklus I. Selain itu, perilaku-perilaku negatif siswa selama mengikuti pembelajaran pada tahap prasiklus dan siklus I mengalami perubahan ke arah positif pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media majalah dinding dapat meningkatkan keterampilan menulis artikel siswa dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah positif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia hendaknya mempertimbangkan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media majalah dinding dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis artikel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, artikel, pembelajaran kooperatif, metode think pair and share, dan majalah dinding.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2011 08:33
Last Modified: 19 Oct 2011 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item