Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Tenik Analogi Langsung Melalui Media Rubrik Jalan-jalan Harian Suara Merdeka Siswa Kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran
Vaidah Nur Bekti , 2101407108 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Tenik Analogi Langsung Melalui Media Rubrik Jalan-jalan Harian Suara Merdeka Siswa Kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Tenik Analogi Langsung Melalui Media Rubrik Jalan-jalan Harian Suara Merdeka Siswa Kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis puisi siswa SMP Islam Plus Assalamah Ungaran masih belum memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan siswa masih kesulitan dalam menemukan ide untuk dikembangkan menjadi sebuah puisi. Selain itu, guru selalu menggunakan metode ceramah dan hanya memberikan materi yang bersifat teori bukan cara atau teknik menulis puisi yang memudahkan dan merangsang siswa untuk berpikir kreatif. Hal tersebut menyebabkan keterampilan menulis puisi siswa tidak maksimal. Salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut yaitu dengan menggunakan teknik analogi langsung, teknik ini mempermudah siswa dalam mengembangkan imajinasi siswa dalam menulis puisi. Penggunaan teknik analogi langsung didukung dengan media yang berupa rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka dapat mempermudah siswa menemukan dan mengungkapkan ide-ide untuk menulis puisi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan teknik analogi langsung melalui media rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik analogi langsung melalui media rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran setelah melakukan pembelajaran menulis puisi dengan teknik analogi langung melalui media rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka, (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII Al-Hamid SMP Islam Plus Assalamah Ungaran yang berjumlah 42 siswa. Variabelnya yaitu keterampilan menulis puisi dan penggunaan teknik analogi langsung melalui media rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data tes dilakukan dengan analisis kuantitatif dan analisis data nontes dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian cukup memuaskan. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran menulis puisi . Hasil tes siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas sebesar 65,78, atau termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 80,88 termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,1 atau sebesar 22,95%. Peningkatan tes ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari negatif ke arah positif. Siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Situasi kelas pun lebih kondusif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka dan melalui teknik analogi langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru agar pembelajaran menggunakan media rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka melalui teknik analogi langsung dapat dijadikan alternatif pembelajaran menulis puisi. Jika guru lebih memerhatikan unsur-unsur pembangun puisi dan siswa lebih terlihat aktif dalam proses pembelajaran, maka penggunaan teknik analogi langsung dan media rubrik jalan-jalan harian Suara Merdeka akan lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis puisi, media rubrik, teknik analogi langsung, siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Oct 2011 08:34 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5658 |
Actions (login required)
View Item |