PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENTOR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT KAMPUS MERDEKA DI PT CIPTA KONSULTAN INTERNASIONAL
Siti Kamelia, 1201418045 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENTOR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT KAMPUS MERDEKA DI PT CIPTA KONSULTAN INTERNASIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Studi Independen Bersertifikat (SIB) merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan mahasiswa belajar melalui kegiatan di luar perkuliahan untuk meningkatkan kompetensinya sehingga siap berkarir di dunia usaha/dunia industri. Konsep pembelajaran SIB dirancang perusahaan mitra serupa dengan kursus/pelatihan singkat, kemah kerja (bootcamp), atau Massive Open Online Courses (MOOC) yang diakhiri dengan membuat proyek. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh metode pembelajaran kolaboratif dan komunikasi interpersonal mentor terhadap hasil belajar mahasiswa Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di PT Cipta Konsultan Internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Jumlah responden penelitian 76 dengan bantuan google form yang disebarkan melalui whatsapp. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, (1) terdapat pengaruh positif metode pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar mahasiswa studi independen bersertifikat kampus merdeka di PT Cipta Konsultan Internasional dengan nilai T hitung 7,546 > 1,668 (T tabel) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Tidak ada pengaruh positif komunikasi interpersonal mentor terhadap hasil belajar mahasiswa studi independen bersertifikat kampus merdeka di PT Cipta Konsultan Internasional dengan nilai T hitung sebesar -0,497 < 1,668 (T tabel) dan nilai signifikansi 0,621 > 0,05. (3) Metode pembelajaran kolaboratif dan komunikasi interpersonal mentor secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa studi independen bersertifikat kampus merdeka di PT Cipta Konsultan Internasional dengan nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 30,263 > 3,122 (F tabel). Nilai R Square pada koefisien determinasi 0,453 atau 45,3%. Metode pembelajaran kolaboratif merupakan salah satu metode yang dapat dipilih karena memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Mentor berfungsi untuk mendampingi dan memantau mahasiswa dalam membuat proyek, sehingga hubungan interpersonal keduanya perlu terjalin dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Setiap mentor perlu memiliki kesiapan diri dalam mendorong dan meningkatan kemandirian belajar mahasiswa ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring agar mahasiswa aktif memberikan feedback selama proses belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Kolaboratif, Komunikasi Interpersonal, Hasil Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:23 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56576 |
Actions (login required)
View Item |