PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN WONOGIRI


Hanifah Madyaning Utami, 1201418032 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418032 - Hanifah Madyaning Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu dampak pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar dilakukan secara daring. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya persiapan peserta didik dalam menghadapi perubahan proses belajar. Oleh karena itu, penting menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik agar bersemangat dalam belajar sehingga hasil belajar dapat dicapai dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui motivasi belajar daring; (2) hasil belajar kognitif; (3) pengaruh motivasi belajar daring terhadap hasil belajar kognitif dan (4) besarnya pengaruh motivasi belajar daring terhadap hasil belajar peserta didik pada kejar paket C di SKB Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kejar paket C SPNF SKB Wonogiri yang berjumlah 192 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan Teknik proportionate random sampling dan didapatkan 58 sampel dari kelas X, XI dan XII pada program kejar paket C di SPNF SKB Wonogiri. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner melalui google form. Metode analisis penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistika inferensial analisis regresi linear sederhana. Penelitian menunjukkan hasil bahwa (1) motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sangat baik karena hasil rerata sebanyak 62,38% dengan adanya lingkungan belajar yang kondusif dan adanya dorongan serta kebutuhan belajar; (2) hasil belajar kognitif peserta didik dalam kategori baik karena hasil rerata sebanyak 46,98% dalam aspek penerapan, sintesis, dan pemahaman; (3) motivasi belajar daring berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar karena nilai Sig. sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 dan hasil Fhitung 163.508; (4) pengaruh motivasi belajar daring memberikan kontribusi sebesar 74,5% terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Simpulan dari hasil penelitian tersebut terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar daring terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kejar paket C di SKB Kabupaten Wonogiri dengan kontribusi 74,5%. Maka diharapkan peserta didik pada pendidikan kesetaraan mempertahankan motivasi yang dimilikinya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan para tutor pada program kejar paket memberikan motivasi ekstrinsik kepada peserta didik melalui metode dan media pembelajaran dengan stimulus yang menarik sehingga merangsang peserta didik untuk lebih semangat belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar Daring, Hasil Belajar Kognitif, Motivasi Belajar, Kejar Paket C
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:45
Last Modified: 05 Apr 2024 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56575

Actions (login required)

View Item View Item