PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKOWISATA BERKELANJUTAN BERBASIS POTENSI LOKAL DI OBJEK WISATA BLACK CANYON, PETUNGKRIYONO, KABUPATEN PEKALONGAN


Sindi Afida, 1201417027 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKOWISATA BERKELANJUTAN BERBASIS POTENSI LOKAL DI OBJEK WISATA BLACK CANYON, PETUNGKRIYONO, KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417027 - Sindi Afida.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Black Canyon merupakan objek wisata di kawasan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Adanya kesadaran masyarakat untuk mengelola potensi yang ada ditindaklanjuti dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat membentuk Pokdarwis yang bertujuan membuka lapangan pekerjaan dan menyejahterakan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berlangsungnya tahapan pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan ekowisata berkelanjutan berbasis potensi lokal di objek wisata Black Canyon. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat 10 subjek penelitian yang terdiri dari 4 pengelola dan 1 pengawas Pokdarwis Putera Wiguna, 2 pedagang, 2 pengunjung, dan 1 sekretaris Desa Kayupuring. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pemberdayaan masyarakat di objek wisata Black Canyon bertujuan untuk pembentukan Pokdarwis. Tahapan yang dilakukan melalui tahap penyadaran, tahap transformasi kemampuan, dan tahap peningkatan kemampuan yang mampu menimbulkan kesadaran dan kemandirian masyarakat. Pengelolaan ekowisata berkelanjutan berbasis potensi lokal bertujuan untuk menjaga kelestarian alam agar berkelanjutan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian berlandaskan indikator ekowisata berkelanjutan meliputi konservasi, partisipasi, edukasi & rekreasi, ekonomi, dan kendali. Pengelolaan ekowisata mampu menyejahterakan masyarakat yang terlibat dalam sektor pelayanan langsung dan penunjang. Simpulan dari penelitian adalah pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik dan memunculkan kemandirian masyarakat dalam bergabung menjadi pengelola objek wisata Black Canyon melalui Pokdarwis Putera Wiguna. Pengelolaan ekowisata berkelanjutan berjalan dengan baik namun perlu ditingkatkan terkait dengan edukasi kepada pengunjung. Saran yang dapat diberikan yakni diperlukan peningkatan sinergitas dan terjalinnya kerja sama yang baik antar anggota Pokdarwis sehingga tercipta inovasi baru agar dapat memaksimalkan potensi lokal yang dimiliki. Serta perlu ditingkatkannya kinerja dan inisiatif pengelola dalam memberikan edukasi kepada pengunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Pengelolaan, Ekowisata Berkelanjutan, Potensi Lokal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:35
Last Modified: 20 Mar 2023 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56573

Actions (login required)

View Item View Item