PERAN LEARNING SPACE TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Sewon)


Kurnia Chodijah, 1102418030 (2022) PERAN LEARNING SPACE TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Sewon). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102418030 - Kurnia Chodijah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Learning space mengacu pada suatu tempat atau ruang dimana pengajaran dan pembelajaran terjadi, merujuk pada lokasi dalam atau luar ruangan, atau ke lingkungan fisik bahkan virtual. Kelas khusus olahraga memiliki tujuan yaitu mendidik, memfasilitasi, dan mengasah bakat siswa dalam bidang olahraga. Selain berprestasi dalam bidang olahraga siswa yang masuk dalam kelas ini juga diupayakan memiliki prestasi belajar yang baik dalam nilai akademik. Namun efek majemuk dari tidak menguasai pembelajaran di setiap jenjang kelas merupakan dampak COVID-19 terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Tahun 2021 sekolah menengah atas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat sembilan sekolah yang memiliki kelas khusus olahraga. Salah satu diantaranya yaitu, SMA Negeri 1 Sewon (SMASE) yang memiliki kelas khusus olahraga (KKO) dan memberlakukan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) berisi aturan PTM. Salah satu ramburambu dalam SKB 4 Menteri menguraikan perihal kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler pada masa transisi berbunyi, “tidak diperbolehkan di satuan pendidikan, namun disarankan tetap melakukan aktivitas fisik di rumah” sehingga siswa KKO SMASE memberlakukan aktivitas kecaboran di rumah atupun dengan klub cabang olahraga masing-masing. Tujuan penelitan ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan learning space oleh siswa KKO SMA Negeri 1 Sewon selama melangsungkan proses BDR, mengidentifikasi ragam hambatan yang ditemui siswa KKO selama pemanfaatan learning space dalam situasi pandemi, mendeskripsikan pencapaian prestasi akademik dan non akademik siswa KKO, dan mengidentifikasi peran keterkaitan antara learning space dengan pencapaian prestasi siswa KKO SMA Negeri 1 Sewon selama BDR. Metode yang digunakan yaitu naturalistic inquiry dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptifserta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terkait keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil temuan penelitian yang diperoleh berupa aktivitas pembelajaran siswa KKO dengan skema kurikulum kelas reguler diterapkan selama masa pandemi karena kegiatan olaharaga dalam satuan pendidikan ditiadakan. Perihal ragam hambatan yang siswa KKO rasakan selama BDR yaitu bosan, ribet, flat, pasif, serta guru kurang responsif. Sehingga peran keterkaitan learning space terhadap prestasi akademik dan non akademik siswa KKO kembali pada pengaturan pemilihan ruang belajar yang cocok untuk karakteristik tiap siswa di masing-masing cabang olaharag perlu disesuaikan kembali penerapannya agar keseimbangan antara bidang akademik dan non akademik bisa diseimbangkan oleh siswa yang juga berkedudukan sebagai atlet. Saran dari hasil penelitian ini merujuk pada pemilihan variasi ruang belajar yang sesuai dengan siswa KKO diperlukan pengkajian secara berkala agar bias mengoptimalkan pencapaian prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: learning space; kelas khusus olahraga; prestasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:10
Last Modified: 20 Mar 2023 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56572

Actions (login required)

View Item View Item