IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PEER GUIDANCE DALAM UPAYA RESILIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 12 SEMARANG


Gayus Soeminto, 1102415106 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PEER GUIDANCE DALAM UPAYA RESILIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PEER GUIDANCE DALAM UPAYA RESILIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 12 SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PEER GUIDANCE DALAM UPAYA RESILIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 12 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyesuaian cara belajar dan beragamnya penugasan yang dihadapi oleh peserta didik di jenjang Sekolah Menengah Atas menjadi salah satu faktor penyebab tekanan yang cukup tinggi terutama dengan kondisi pembelajaran online yang dilakukan karena masih dalam penyesuaian pandemi covid-19. Kondisi belajar dan kemampuan dari masing-masing peserta didik dalam menyelesaikan masalah belajar belum sepenuhnya diatasi dengan cara yang efektif dan efisien. Ekstrakurikuler peer guidance dibentuk untuk menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi masalah belajar peserta didik dan terutama mendukung peserta didik untuk resilien dengan lingkungan akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan manganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program ekstrakurikuler peer guidance dalam upaya resiliensi belajar peserta didik di SMA N 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Cara pengambilan data menggunakan tiga cara yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari dua orang guru pembina ekstrakurikuler peer guidance dan dua orang peserta didik pengurus ekstrakurikuler peer guidance. Teknik keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Triangulasi yang dipakai terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) aspek perencanaan program ekstrakurikuler peer guidance dalam upaya resiliensi belajar peserta didik dilakukan pemetaan dan penentuan bentuk kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan masalah belajar peserta didik. Kemudian dilakukan penentuan mitra program untuk mendukung kekurangan materi ajar pada ekstrakurikuler, penentuan sumber daya yang akan membantu baik peserta didik maupun pengurus esktrakurikuler dan rencana bentuk kerjasama dengan stakeholder dari luar sekolah, (2) pelaksanaan program ekstrakurikuler peer guidance dalam upaya resiliensi belajar dilakukan dengan menyelenggarakan kelas pelatihan materi seputar remaja, bimbingan dengan teman sebaya di tingkat semester yang sama, melaksanakan kunjungan kelembagaan dengan stakeholder dari luar sekolah dan partisipasi lomba, (3) evaluasi pada program ekstrakurikuler peer guidance dalam upaya resiliensi belajar dilakukan secara formatif kepada pengurus dan secara sumatif terhadap program kegiatan, keterlibatan dengan peserta didik non pengurus dan stakeholder dari luar sekolah sebagai mitra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, peer guidance, resiliensi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:34
Last Modified: 20 Mar 2023 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56571

Actions (login required)

View Item View Item