ANALISA DAN OPTIMALISASI SISA MATERIAL KONSTRUKSI DALAM PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHAP 1


ALIMATUL HUSNA, 5111418077 (2022) ANALISA DAN OPTIMALISASI SISA MATERIAL KONSTRUKSI DALAM PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHAP 1. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5111418077 - Alimatul Husna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu penyebab pemborosan biaya dalam pengerjaan proyek kontruksi adalah material sisa. Pemborosan material merugikan pihak proyek maupun lingkungan, beberapa faktor penyebab terjadinya pemborosan material yaitu hilang, kesalahan pabrikasi, dan penggunaan berlebih yang tidak sesuai rencana. Tindakan pencegahan untuk meminimalisir terbentuknya material sisa dilakukan sebagai bentuk penghematan biaya proyek dan mengurangi limbah pada dampak lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Semarang Tahap 1, material yang dianalisa yaitu besi ulir D10, besi ulir D13, besi ulir D16, besi ulir D19, besi ulir D22, besi ulir D25 dan beton mutu K-300, adapun data yang digunakan sebagai acuan penelitian berupa asbuilt drawing untuk mengetahui besar volume material kebutuhan, laporan logistik untuk mengetahui jumlah pembelian material, harga satuan material untuk mengetahui besar biaya material, dan wawancara dilakukan sebagai pelengkap data penelitian. Analisa dilakukan untuk mengetahui tindakan optimalisasi. Hasil penelitian dapat diketahui besar persentase sisa material besi ulir D10, besi ulir D13, besi ulir D16, besi ulir D19, besi ulir D22, besi ulir D25 dan beton mutu K-300 terhadap keseluruhan material yang telah direncanakan pada gedung B yaitu 0,52% dengan nilai biaya sebesar Rp. 44.600.300. Tindakan optimalisasi yang dilakukan pada material sisa dilakukan menggunakan metode waste hierarchy, berupa reduce, reuse, recycle, pembuangan akhir.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Material Sisa, kebutuhan material, pembelian material, optimalisasi, waste hierarchy
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:37
Last Modified: 16 Mar 2023 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56562

Actions (login required)

View Item View Item