EKSPERIMEN KUAT LEKAT CHEMICAL ANCHOR STUD M12X160 METODE CAST IN-PLACE DAN POST-INSTALLED MODIFIKASI LUBANG DBEC (DRILL BIT EXTRACTOR CONCRETE)


Dicky Ainur Rosyd, .5111418071 (2022) EKSPERIMEN KUAT LEKAT CHEMICAL ANCHOR STUD M12X160 METODE CAST IN-PLACE DAN POST-INSTALLED MODIFIKASI LUBANG DBEC (DRILL BIT EXTRACTOR CONCRETE). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5111418071 - Dicky Ainur Rosyd.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Angkur sangat dibutuhkan untuk meneruskan beban ke beton dalam perkuatan struktur suatu bangunan yang berbahan dasar beton. Angkur pada beton dipasang dengan dua macam cara pemasangan yaitu metode cast in place (cor ditempat) dan metode post installed (pasca pasang). Pada metode post installed dibagi menjadi dua jenis cara pemasangan angkur yaitu pada lubang polos dengan mata bor beton dan pada lubang drill bit dengan mata bor drill bit extractor yang keduanya diberi bahan perekat sika anchorfix-2. Untuk mengetahui besarnya nilai kapasitas kuat cabut angkur pada metode cast in place, post installed lubang polos, dan post installed lubang drill bit dilakukan pengujian cabut angkur (pullout test). Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui jenis kegagalan yang terjadi, besarnya kapasitas cabut angkur yang ditanam pada kedalaman tanam 80 mm, dan nilai rata-rata kuat lekat (μ) angkur stud M12 x 160 mm pada benda uji balok T berukuran 390 mm x 240 mm x 300 mm sebanyak tiga buah sampel metode cast in place, tiga buah sampel metode post installed lubang polos, dan tiga buah sampel metode post installed lubang drill bit dengan mutu beton fc’ 32,26 MPa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental laboratorium. Kegagalan cabut angkur yang diharapkan adalah breakout atau ikut tercabutnya beton bersamaan dengan tercabutnya angkur. Hasil dari penelitian yang dilakukan jenis kegagalan yang terjadi yaitu kegagalan breakout. Untuk nilai kapasitas cabut yang didapat pada metode cast in place yaitu sebesar 36.46 kN, kapasitas cabut pada metode post installed lubang polos didapat sebesar 34.65 kN, dan metode post installed lubang drill bit didapatkan nilai kapasitas cabut sebesar 33.01 kN. Kapasitas kuat lekat angkur metode post installed lubang polos lebih besar daripada metode cast in place (2.98 MPa > 1.91 MPa) dengan kenaikan (φ) 1.56. Kapasitas kuat lekat angkur pada pemasangan angkur metode post installed lubang drill bit lebih besar daripada metode cast in place (3.29 MPa > 1.91 MPa) dengan kenaikan (φ) 1.72. Kapasitas kuat lekat pada pemasangan angkur metode post installed lubang polos lebih kecil daripada metode post installed lubang drill bit (3.29 MPa < 2.98 MPa) dengan kenaikan (φ) 1.11.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: angkur stud, breakout, cast in place, drill bit extractor, post installed, pullout test, sika anchorfix-2.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:49
Last Modified: 16 Mar 2023 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56549

Actions (login required)

View Item View Item