MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 12 BOYOLALI


Maria Ulfa, 3601418018 (2022) MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 12 BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601418018 - Maria Ulfa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

MTs Negeri 12 Boyolali merupakan sekolah madrasah yang memberikan perhatian besar dalam membentuk karakter peserta didik. Permasalahan peserta didik di MTs Negeri 12 Boyolali belum menunjukkan tercapainya tujuan pendidikan IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peserta didik yang melakukan bullying sesama teman. Merokok di warung sekitar MTs Negeri 12 Boyolali pada saat jam istirahat, dan masih banyaknya peserta didik yang tidak mentaati tata tertib yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui pelaksanaan pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri 12 Boyolali; (2) menganalisis model pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri 12 Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan utama adalah guru IPS MTs Negeri 12 Boyolali, sedangkan informan pendukung adalah peserta didik, kepala sekolah, dan pengelola kurikulum MTs Negeri 12 Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang dilakukan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pengintegrasian pendidikan karakter di MTs Negeri 12 Boyolali dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Proses perencanaan pembelajaran terdiri dari perumusan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang mengacu pada kurikulum 2013 dengan menyisipkan nilai-nilai karakter didalamnya. Proses pelaksanaan dilakukan mulai tahap pendahuluan pembelajaran, inti pembelajaran, dan penutup pembelajaran. Pada tahap pendahuluan guru mengkondisikan lingkungan kelas dan peserta didik, pada tahap inti pembelajaran guru melakukan pengintegrasian nilai-nilai karakter yang sesuai dengan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Pada tahap penutup guru memberikan penguatan karakter dengan memberikan pesan moral di akhir pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan dengan melakukan pengamatan karakter yang kemudian ditulis di jurnal penilaian sikap. (2) model pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri 12 Boyolali yaitu model integrated, yang memadukan beberapa ilmu sosial, kegiatan pembelajaran terpusat pada anak, dan lebih memperhatikan proses daripada hasil. Peneliti menyarankan agar peserta didik lebih bersungguh-sungguh lagi dalam kegiatan pembelajaran dan mentaati tata tertib yang berlaku di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Model Pengintegrasian.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:40
Last Modified: 27 Mar 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56544

Actions (login required)

View Item View Item