ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGUNAAN AUTODESK REVIT TERHADAP PEMODELAN GEDUNG SERBAGUNA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nandana Fairuz Bachtiar, 5111418026 (2022) ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGUNAAN AUTODESK REVIT TERHADAP PEMODELAN GEDUNG SERBAGUNA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5111418026 - Nandana Fairuz Bachtiar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan zaman, teknologi kini semakin meruak. Salah satu yang terkena dampaknya yakni sektor konstruksi. Kegiatan konstruksi merupakan sebuah pekerjaan yang begitu kompleks. Banyak permasalahan kerap dijumpai pada kegiatan konstruksi. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, akhirnya dunia konstruksi menemukan suatu sistem yang dapat meminimalisir atau bahkan menghindari resiko permasalahan yang terjadi di dalam kegiatan konstruksi. Sistem tersebut memiliki istilah Building Information Modeling atau biasa disingkat BIM. Salah satu perangkat lunak yang dapat mendukung teknologi BIM adalah Autodesk Revit. Penelitian ini dilakukan dengan membuat pemodelan Gedung Serbaguna Universitas Negeri Semarang menggunakan Autodesk Revit yang berbasis BIM. Selama eksplorasi pemodelan yang dilakukan, penelitian ini membuat pemodelan struktur, arsitektur, dan MEP. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Autodesk Revit terhadap pemodelan Gedung Serbaguna Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menghasilkan sebuah analisis kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Autodesk Revit pada pemodelan Gedung Serbaguna Universitas Negeri Semarang. Adapun beberapa kelebihan yang ditemukan adalah kemudahan dalam pemodelan dinding pada ramp yang miring, kemudahan dalam memperbanyak model serupa ke berbagai level, koleksi material yang lengkap, proses pembuatan tampak potongan dapat dilakukan dengan cepat, fleksibilitas yang baik dalam menampilkan atau menyembunyikan objek, serta perhitungan volume bangunan dapat dibuat dengan mudah. Selain itu beberapa kekurangan yang ditemukan yakni cukup rumitnya proses pembuatan family baru, serta tidak tersedianya fitur pembuatan bekisting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Building Information Modeling, Autodesk Revit, Pemodelan
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:09
Last Modified: 14 Mar 2023 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56525

Actions (login required)

View Item View Item