ANALISIS JEMBATAN DENGAN METODE PUSHOVER ANALYSIS (STUDI KASUS : JEMBATAN TRIMULYO SEMARANG)


Meliawati Basuki, 5111418025 (2022) ANALISIS JEMBATAN DENGAN METODE PUSHOVER ANALYSIS (STUDI KASUS : JEMBATAN TRIMULYO SEMARANG). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5111418025 - Meliawati Basuki.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Analisis statis nonlinier (pushover) merupakan suatu konsep analisis untuk memperkirakan perilaku keruntuhan suatu struktur terhadap gempa dengan cara memberikan suatu pola beban lateral yang meningkat secara bertahap sampai memenuhi target perpindahan yang direncanakan. Hasil dari analisis ini berupa kurva kapasitas yang merupakan hubungan antara gaya geser dasar (base shear) dan perpindahan (displacement). Melalui analisis ini dapat memenuhi proses perencanaan tahan gempa berbasis kinerja (performance based design) yaitu mengetahui tingkat kinerja suatu struktur. Pemodelan analisis dilakukan dengan mengambil contoh suatu jembatan beton prategang yang ada di Kota Semarang yaitu Jembatan Trimulyo. Analisis dilakukan menggunakan dua metode, yaitu metode koefisien perpindahan dan metode spektrum kapasitas. Analisis pushover dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi perangkat lunak CSI Bridge. Hasil yang diperoleh dari aplikasi ini adalah gaya geser maksimum sebesar 2.050 kN dan perpindahan masksimum sebersar 0,081 m. Tingkat kinerja struktur berdasarkan pedoman ATC-40 menunjukkan bahwa struktur berada dalam level Immediate Occupancy

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis pushover, perencanaan tahan gempa berbasis kinerja, kurva kapasitas, tingkat kinerja, CSI Bridge.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:57
Last Modified: 14 Mar 2023 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56523

Actions (login required)

View Item View Item