Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes.


Ari Hendriayana , 4314000027 (2006) Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes.]
Preview
PDF (Pengaruh Penggunaan Media VCD dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes.) - Published Version
Download (803kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komputer yang pesat memungkinkan produk program komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Produk tersebut antara lain VCD pembelajaran dan CD Game. Keduanya dapat dijadikan media pembelajaran sehingga materi pembelajaran sistem periodik unsur dan struktur atom yang abstrak menjadi lebih nyata dan lebih mudah dipahami. Penggunaan kedua media ini dapat membawa siswa lebih aktif dan termotivasi dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini diharapkan dapat membantu tercapainya ketuntasan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari 5 kelas. Kelas X-2 dan X-3 diambil sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen tes untuk penelitian sebanyak 30 soal telah diujicobakan terlebih dahulu. Eksperimen dilakukan dengan memberikan tes awal pada kedua kelas diikuti dengan proses pembelajaran dan tes akhir. Kelas eksperimen diberi proses pembelajaran dengan menggunakan media VCD Pembelajaran dan CD Game, sedangkan kelas kontrol diberi proses pembelajaran dengan metode konvensional. Setelah melalui proses pembelajaran, kedua kelas mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji T memperoleh Thitung sebesar 2,694 lebih besar daripada nilai Ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelas berbeda secara signifikan. Hasil uji ketuntasan kelas eksperimen diperoleh Thitung 3,54 lebih besar daripada Ttabel berarti telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh Thitung -0,111 lebih kecil daripada Ttabel berarti belum mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa dengan pembelajaran menggunakan media VCD pembelajaran dan CD Game dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Media VCD pembelajaran dan CD Game dapat disarankan untuk digunakan sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media VCD pembelajaran dan CD Game, Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Mar 2011 01:51
Last Modified: 30 Mar 2011 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item