IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER TOLERANSI DAN DISPLIN MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMPN 39 KOTA BEKASI


Diorima Simatupang, 3601418004 (2022) IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER TOLERANSI DAN DISPLIN MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMPN 39 KOTA BEKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601418004 - Diorima Simatupang.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

SMPN 39 Kota Bekasi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berupaya mengimplementasikan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang diintergrasikan dalam proses pembelajaran guna menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter. Karakter toleransi dan disiplin merupakan dua nilai karakter yang ditanamkan dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi. Pengintergrasian nilai karakter dengan materi pembelajaran serta penerapan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh pendidik dalam mata pelajaran IPS menjadi upaya guna menanamkan nilai karakter toleransi dan disiplin kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi; (2) mendeskripsikan implementasi penguatan karakter toleransi dan disiplin melalui pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi; (3) mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat implementasi penguatan karakter toleransi dan disiplin melalui pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini yakni dilakukan di SMPN 39 Kota Bekasi. Subjek dalam penelitian ini yakni pendidik mata pelajaran IPS, kepala sekolah dan peserta didik kelas VII. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi dilaksanakan dalam tiga tahapan yakni tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implementasi penguatan karakter toleransi dan disiplin melalui pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi dilaksanakan melalui pengintergrasian materi pembelajaran dengan nilai karakter dan pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan oleh pendidik dalam proses pembelajaran IPS. Motivasi dan peran pendidik, kegiatan ekstrakulikuler, dan program satuan pendidikan merupakan faktor-faktor yang mendorong implementasi penguatan karakter toleransi dan disiplin dalam pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi, namun saranan dan prasarana sekolah yang kurang memadai serta motivasi peserta didik yang rendah menjadi faktor penghambat dalam implementasi penguatan karakter toleransi dan disiplin melalui pembelajaran IPS di SMPN 39 Kota Bekasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Karakter, Toleransi, Disiplin, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:29
Last Modified: 09 Mar 2023 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56490

Actions (login required)

View Item View Item