EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII SMP IT AZ-ZAHRA


Muhammad Zaim Ammar, 3601417081 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII SMP IT AZ-ZAHRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417081 - Muhammad Zaim Ammar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 telah memberikan acuan dalam pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan Pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum, atau prinsip melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan/merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan. Kendala pada pembelajaran IPS yaitu penggunaan model pembelajaran yang diterapkan masih didominasi dengan model pembelajaran ceramah dan strategi berbasis masalah masih kurang efektif diberikan kepada peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik menjadi kurang konsentrasi saat pembelajaran IPS dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah dengan menerapkan pembelajaran meggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam mata pelajaran IPS materi kedatangan bangsa barat pada masa penjajahan pada peserta didik kelas VIII SMP IT Az-Zahra Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang berlokasi di SMP IT Az-Zahra Demak. Populasi penelitian ini yaitu kelas VIII AC SMP IT Az-Zahra Demak, sementara sampel yang diambil adalah kelas VIII A. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan pre experimental menggunakan one group Pretest-Posttest. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran mendapatkan skor 38 dengan kriteria tinggi. (2) Aktivitas belajar peserta didik dalam sub pembelajaran memiliki aktivitas tinggi 71% atau sekitar 17 peserta didik, 29% atau sekitar 7 peserta didik memiliki kriteria sama tinggi, (3) Hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil Pretest terdapat 66,54% sedangkan pada hasil Pretest tingkat ketuntasan menjadi 98% dan dalam ketuntasan belajar sudah mencapai KKM mata pelajaran IPS yaitu 75% sehingga dapat dikatakan efektif. (4) Respon positif peserta didik mendapatkan 29% dari 24 peserta didik merespon sangat tinggi ssedangkan 71% peerta didik mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Project Based Learning, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:58
Last Modified: 09 Mar 2023 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56487

Actions (login required)

View Item View Item