BENTUK INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PADA KONDISI PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DESA KALIKUTO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG)


Fansuri Nur Hidayat, 3601417074 (2022) BENTUK INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PADA KONDISI PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DESA KALIKUTO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417074 - Fansuri Nur Hidayat.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Interaksi sosial merupakan salah satu komponen yang tidak dapat lepas dalam kehidupan masyarakat. Penelitian yang dilakukan di Desa Kalikuo berfokus pada pandemi Covid-19 yang menjadi masalah tersendiri yang berdampak pada kehidupan masyarakat. Bahaya dari pandemi Covid-19 diminimalisir dengan kebijakan yang telah di buat oleh pemerintah untuk menekan penyebaran dengan lingkup yang lebih luas, pandemi Covid-19 memiliki dampak tersendiri pada interaksi sosial dan bentuk dari interaksi yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang disajikan diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Hubberman. Hasil penelitian meliputi dua hal, yaitu proses interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Bentuk interaksi asosiatif meliputi kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi, sedangkan interaksi disosiatif meliputi persaingan, pertentangan, dan kontravensi yang berdasarkan pandemi sebagai pokok masalah. Saran yang dihasilkan dalam penelitian 1) masyarakat harus senantiasa menjaga bentuk interaksi asosiatif dan meninjau bentuk interaksi disosiatif sebagai acuan dalam menghindari masalah yang dapat mengganggu keutuhan interaksi sosial. 2) Pemerintah Desa Kalikuto lebih baik mengakaji bentuk interaksi disosiatif sebagai upaya pencegahan jika kasus serupa terjadi kembali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Interaksi Sosial, Interaksi Asosiatif, Interaksi Disosiatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:48
Last Modified: 09 Mar 2023 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56484

Actions (login required)

View Item View Item