ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL SIMPANG TIGA METESEH (Jalan Imam Soeparto – Jalan Prof Suharso – Jalan Kompol R Soekanto)


Yusuf Ridlo, 5111417040 (2022) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL SIMPANG TIGA METESEH (Jalan Imam Soeparto – Jalan Prof Suharso – Jalan Kompol R Soekanto). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5111417040 - Yusuf Ridlo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Simpang tiga tak bersinyal simpang meteseh merupan simpang yang padat karena kawasan ini termasuk daerah perumahan dan jalan menuju pusat perdagangan, perkantoran dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja simpang tersebut dan menjadi evaluasi dalam penanganan lalu lintas serta mencari alternatif untuk memecahkan masalah simpang tersebut. Dalam menganalisis tingkat kinerja simpang menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan disimulasikan menggunakan PTV Vissim Student Version. Pada analisis simpang menggunakan MKJI 1997 diperoleh hasil kapasitas jalan sebesar 3407,13 smp/jam, dan menggunakan PTV Vissim diperoleh level of service yang kurang baik atau ada permasalahan pada simpang tersebut. Alternatif untuk jangka pendek adalah dengan pelebaran jalan hingga 11 meter atau menggunakan lampu lalu lintas. Alternatif untuk jangka panjang yaitu dengan pelebaran jalan hingga 12 meter atau pengalihan jalan pada jalan Prof Soeharso yang semulanya dua arah menjadi satu arah dari arah barat menuju timur saja. Untuk arus lalu lintas yang berasal dari timur menuju barat dapat dialihkan melalui Jalan Dinar Mas. Setelah adanya alternatif tersebut maka hasil level of service menjadi memiliki nilai A untuk tiap lengan simpang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Simpang; PTV Vissim; MKJI 1997; Level of service; kapasitas jalan
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:47
Last Modified: 08 Mar 2023 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56476

Actions (login required)

View Item View Item