PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNNES YANG MENGULANG PADA MATA KULIAH PENGANTAR METODE KOMPUTER


Arsy Nadia Lokeswari, 5101418072 (2022) PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNNES YANG MENGULANG PADA MATA KULIAH PENGANTAR METODE KOMPUTER. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101418072 -  Arsy Nadia Lokeswari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dan tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi Teknik Sipil angkatan 2020 yang mengulang mata kuliah pengantar metode komputer pada semester antara 2022 di Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian Two Group, Pre-test and Post-test Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Teknik Sipil angkatan 2020 yang mengulang mata kuliah pengantar metode komputer dengan jumlah 18 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal essay. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas instrumen dengan metode Alpha Cronbach dengan uji pra-syarat analisis data yaitu uji non parametrik. Perbedaan hasil belajar kelas kelas tipe STAD dan kelas tipe Jigsaw dapat diketahui menggunakan nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan. Sedangkan teknik analisis data hipotesis mengunakan uji Mann Whitney karena data penelitian tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa adanya perbedaan yang signifikan dibuktikan dalam uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikansi 0,005 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann Whitney dapat disimpulkan jika “Ho diterima”. Sedangkan pada didapatkan rata-rata hasil belajar post-test kelastipe Jigsaw sebesar 80 dan kelastipe STAD sebesar 65 sehingga kelas yang menggunakan metode pembelajaran tipe Jigsaw mempunyai peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan metode pembelajaran tipe STAD

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran tipe Jigsaw dan STAD, Hasil Belajar, Uji Non Parametrik
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:59
Last Modified: 08 Mar 2023 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56474

Actions (login required)

View Item View Item