PEMBUATAN MODUL AUTOCAD LAND DESKTOP 2009 PADA MATA KULIAH PRAKTEK UKUR TANAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Aldis Luthfi Melina, 5101418058 (2022) PEMBUATAN MODUL AUTOCAD LAND DESKTOP 2009 PADA MATA KULIAH PRAKTEK UKUR TANAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101418058 - Aldis Luthfi Melina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Mata kuliah Praktek Ukur Tanah adalah mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang. Pada mata kuliah ini mahasiswa tidak hanya praktek di lapangan, namun juga mengolah data. Pada mata kuliah tersebut terdapat materi mengolah data menggunakan software AutoCAD Land Desktop 2009. Akan tetapi media pembelajaran mengenai materi AutoCAD Land Desktop 2009 belum ada. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa belajar mengenai AutoCAD Land Desktop 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul AutoCAD Land Desktop 2009 dan pendapat mahasiswa mengenai modul AutoCAD Land Desktop 2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuisioner/angket sebagai pengumpulan datanya. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 dengan jumlah 64 mahasiswa. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini oleh ahli materi didapatkan rata-rata persentasi 95% dengan kategori modul sangat layak digunakan, untuk ahli media didapat persentasi rata-rata 95% dengan kategori sangat layak digunakan, dan persentasi rata-rata pendapat mahasiswa didapat persentase sebesar 85% dengan kategori sangat layak digunakan. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media modul AutoCAD Land Desktop 2009 layak digunakan sebagai bahan ajar yang mendukung mahasiswa untuk memahami materi AutoCAD Land Desktop 2009. Dan menurut pendapat mahasiswa modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar yang mendukung bahan ajar dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Praktek Ukur Tanah, AutoCAD Land Desktop 2009
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:41
Last Modified: 07 Mar 2023 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56469

Actions (login required)

View Item View Item