PEMBUATAN E-MODUL PERAWATAN DAN PERBAIKAN LANTAI PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN GEDUNG UNTUK PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG DAN SANITASI KELAS XI DI SMKN 2 SALATIGA


Fiyani Anggun Dwi Kinanti, 5101418057 (2022) PEMBUATAN E-MODUL PERAWATAN DAN PERBAIKAN LANTAI PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN GEDUNG UNTUK PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG DAN SANITASI KELAS XI DI SMKN 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101418057 - Fiyani Anggun Dwi Kinanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu yang dipakai guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga dapat mendorong siswa untuk belajar. Adanya teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang lebih beragam. Salah satunya adalah penggunaan e-modul sebagai media pembelajaran. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk elektronik yang digunakan guru sebagai alat untuk menyampaikan materi kepada siswa. Pada penelitian ini akan membuat sebuah e-modul Perawatan dan Perbaikan Lantai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan E-Modul Perawatan dan Perbaikan Lantai dan pendapat siswa kelas XI Program Keahlian Konstruksi Gedung dan Sanitasi terhadap E-Modul Perawatan dan Perbaikan Lantai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD). Untuk mengetahui kelayakan e-modul, data diambil menggunakan angket. Selanjutnya uji kelayakan e-modul dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pendapat siswa terhadap e-modul. Hasil analisis data penilaian E-Modul Perawatan dan Perbaikan Lantai dari para ahli yaitu ahli materi mendapatkan persentase rata – rata 90,6% dengan kategori sangat layak, ahli media mendapatkan persentase rata – rata 87% dengan kategori sangat layak,. Sedangkan dari pendapat siswa persentase rata – rata 90,23% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa E-Modul Perawatan dan Perbaikan Lantai menurut penilaian para ahli dan menurut pendapat siswa layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas XI dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, e-modul, perawatan dan perbaikan lantai
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:38
Last Modified: 07 Mar 2023 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56462

Actions (login required)

View Item View Item