PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN PADA MASA PEMBELAJARAN DARING
Fitriatun Isnaeni, 5101417060 (2022) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN PADA MASA PEMBELAJARAN DARING. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan saat dilaksanakanya pembelajaran daring, untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan ditinjau dari gender. Kebiasan belajar merupakan cara-cara belajar yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa sehingga terbentuk dari aktifitas belajar baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Kebiasaan belajar yang tersusun dan terencana dengan baik akan menghasilkan suatu dorongan bagi diri mahasiswa untuk berprestasi. Penelitian ini dilakukan dengan menyusun instrumen yang berfokuskan terhadap kebiasaan belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan bantuan google form. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebiasaan belajar mahasiswa masuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 73,78%, dan prestasi belajar mahasiswa masuk dalam kategori tinggi dengan nilai rerata 3,38. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan pada masa pembelajaran daring dilihat dari hasil F hitung > F tabel (17,710 > 3,92), Besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan pada masa pembelajaran daring sebesar 12,2%. Adanya perbedaan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan pada masa pembelajaran daring ditinjau dari gender dilihat dari hasil kebiasaan belajar t tabel (2,120 > 1,657) dan hasil prestasi belajar t hitung > t tabel (2,750 > 1,657), Kebiasaan belajar perempuan memiliki nilai rerata sebesar 69,48 (75,52%) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rerata kebiasaan belajar laki-laki sebesar 66,033 (71,77%). prestasi belajar perempuan memiliki nilai rerata sebesar 3,45 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rerata prestasi belajar laki-laki sebesar 3,31.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, Gender |
Subjects: | L Education > Special Education > Building Engineering Education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 02:45 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 02:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56458 |
Actions (login required)
View Item |