PEMBUATAN MODUL PENDAMPING PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMODELAN & ANALISIS STRUKTUR, PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNNES


Ade Yulyana, 5101417057 (2022) PEMBUATAN MODUL PENDAMPING PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMODELAN & ANALISIS STRUKTUR, PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNNES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101417057 - Ade Yulyana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Mata kuliah Pemodelan & Analisis Struktur adalah salah satu mata kuliah prodi teknik sipil pilihan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Melihat masalah dan potensi dari mata kuliah Pemodelan & Analisis struktur tersebut mengenai keterbatasan waktu/jam pembelajaran kelas, kebutuhan kegiatan pembelajaran akan sumber belajar pendamping yang dapat membantu proses belajar dan pengerjaan tugas mahasiswa khususnya pada materi pembelajaran praktik, serta belum tersedianya sumber belajar pendamping yang dimaksud tersebut. Ditambah dengan pendapat dosen pengampu mengenai gagasan pembuatan modul sebagai sumber belajar pendamping yang akan sangat membantu proses pembalajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memiliki ide gagasan pembuatan sumber belajar pendamping berupa modul pendamping pembelajaran untuk materi pembelajaran praktik tersebut. Tujuan penelitian ini, yaitu sebagai berikut: (1) Mengetahui validitas kelayakan modul, (2) Mengetahui pendapat mahasiswa terhadap modul. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penyusunan modul dilaksanakan dalam beberapa tahap mengacu pada teori pengembangan bahan ajar menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974:5-9) yang dikenal dengan desain penelitian model 4-D. Sumber data penelitian didapatkan dari responden yaitu mahasiswa Prodi PTB Angkatan 2019 dan empat orang validator ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif sederhana dengan menampilkan data persentase hasil dari kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas modul dari ahli mendapatkan rata-rata nilai 89% (sangat layak) dengan keterangan modul sangat baik untuk digunakan, (2) pendapat mahasiswa terhadap modul mendapatkan rata�rata nilai 89% (sangat layak) dengan keterangan modul sangat baik untuk digunakan. Kesimpulannya, modul yang telah disusun dengan mengacu pada desain penelitian model 4-D. Sudah menjawab masalah dan potensi mata kuliah Pemodelan & Analisis Struktur menurut pendapat mahasiswa dengan perolehan nilai validitas yang sangat layak. Modul sudah sesuai dengan teori Daryanto mengenai kelayakn modul terkait karakteristik modul dan elemen mutu modul dengan perolehan nilai validitas yang sangat layak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Modul, Validitas Modul
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:47
Last Modified: 06 Mar 2023 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56457

Actions (login required)

View Item View Item